Membuat Usecase diagram untuk pembelian barang secara kredit dan tunai serta pengambilan barang secara langsung ataupun dikirim.
Langkah-langkah menggunakan UML.
1. Buka program untuk StarUML.
2. Pada Jendela Model Explorer, klik <>
3. Maka, pada layar toolbox akan muncul tool-tool untuk membuat diagram usecase ini. Dan mulailah membuat diagramnya.
Logika Program
Pada usecase diagram ini, actor yang digunakan ada 3, yaitu pembeli, penjual dan kurir. Pertama-tama pembeli datang langsung ke toko, kemudian melihat dan juga memilih barang yang ingin dibeli dari jenis barang yang ditawarkan si penjual , jenis barangnya yaitu ada VCD, PS dan DVD. Setelah itu si pembeli melakukan transaksi pembayaran dengan si penjual. Untuk pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau kredit. Apabila transaksi pembayaran selesai, pembeli dapat melakukan pengambilan barang dari si penjual secara langsung, ataupun pengiriman ke alamat yang dituju si pembeli tersebut. Pengiriman ke alamat ini, akan dilaksanakan oleh kurir sampai barang tepat sampai di alamat tujuan.